PULAU DERAWAN YANG MENAWAN


Jalan ke Jogja membeli jadah
Ke jalan  Janti membeli bakwan 
Jangan pernah bilang melihat pantai yang indah
Sebelum kamu liat dan nikmati Pulau Derawan


Jujur, dulu aku tuh benci dengan yang nama nya pantai. Menurut aku saat itu, pantai itu identik dengan sesuatu yg mellow mellow gitu, tempat pelariannya orang orang yang lagi patah hati, orang orang yang lagi baper(eh dulu kan belum kenal baper ya). Pokok nya pantai itu identik dengan hal hal yang suram, sunyi, gitu gitu deh..itu menurut ku saat itu. Dulu, sewaktu masih tinggal di tengah hutan, anak pegunungan, jarang liat laut atau pantai. Kalaupun liat pantai pantai nya memang gak enak banget. (semua pantai rasa nya ya asin lah hen..). Maksud aku gak enak di mata. Liat pantai kartini Jepara penuh dengan rambu rambu bahaya, ombak nya keras, warna air nya keruh. Gak suka. Mending hiking atau camping aja.. Trus pernah dulu di bawa bapak ibu ke Pantai Rembang, yaa  sebelas dua belas sam apantai Kartini dan Bandengan Jepara. Pernah juga ke Pantai Parang TRItis, waduuh malah gak suka banget sama pantai nya. Dilarang main air karena ombaknya gedee banget. Mana banyak mitos nya lagi. Gak boleh ini gak boleh itu. Akhirya hanya bisa menikamti pasir nya saja. Sama naik delman sepanjang pantai Parang tritis. Itu aja…

Tapiii.. semua berubaahh setelah berkunjung ke Pulau derawan dan liat pantai Derawan .Woowww,, airnya jerniih, ombak nya nyaris tak ada.Bagi yang bisa berenang  bisa berenang sampai jauh ke tengah..Trus dadadada sama teman2 yg cuman main2 air di tepi pantai, wowww..sombong nya tingkat dewa deh pokoknya..hahaha… pasirnya bersih,air nya gak asin banget, puaasss main air di sana. Dan yang lebih exiting, bisa main2 dengan ikan warna warni di pantai. Wuiiihhh.. lenyaps eketika gambaran Pantai masa lalu..Semua itu hanya bisa dinikmati kalau ke Bunaken Sulawesi Tenggara atau ke Bali yang bisa jadi seumur hidup mingkin cuman 1 atau 2 kali bisa aku liati. Gak usah jauh jauh ke Bunaken atau ke Bali. Sekarang bisa aku nikmati seminggu 2 kali kalo mau,hahhaha.. ngiri deh kalian..


                Ini kunjungan kami ke Derawan tahun 2010 an , saat baru punya 2 krucil.


          Menuju Pulau Derawan  bisa di capai dari Kota Tanjung redeb Berau dengan  3 cara. Bisa pake pesawat, bisa juga pakai mobil , atau langsung naik speed boat menuju ke Pulau Derawan nya. Terserah kalian.
Kalau sambil mau liat liat kehidupan warga Berau, bisa naik darat. Sepanjang perjalanan yang berkelok dan naik turun kita bisa menikmati suasana kehidupan warga Kampung .Bnayak kampung yang bisa kita lewati dan bisa kita nikmati suasana kampung kampung di Berau.  Berkebun,mencari ikan di sepanjang sungai,Atau bagi kamu yang belum pernah liat penampakan tambang batu bara, bisa lho kamu liat suasanan kampung lingkar  tambang Batu bara. Mirip mirip Tembaga Pura Papua. Gak usah jauh jauh kan ke Papua.  Bagi teman teman yang belum pernah liat secara langsung pohon kelapa sawit, kalian bisa liat kebun kelapa sawit yang bisa kalian liat sepanjang perjalnan memasuki kecamatan Tanjung Batu. Biar kalian tahu wujud asli nya kelapa sawit. Jadi kalau lagi makan gorengan atau lagi masak sambil ngebayangin bahan utama minyak goreng nya siapa tahu bahan utama minyak goreng yang kalian nikmati berasal  dari kelapa sawit hasil panen dari Berau hehhe..Asyik kaan makan gorengan sambil membayangkan kenangan indah selama di Derawan hihihihi..Unforgetable deh..






Ini tampilan  kalau naik speed boat. Safety first ya kawan. Kalau disediakan pelampung di pake ya, kalau gak di sediakan, minta. Semua speed boat  di wilayah berau harus menyediakan baju pelampung. Karena itu wajib di sediakan sesuai kapasitas speed masing masing. Panas awal nya, tapi saat speed boat berjalan baju pelampung bisa menggantikan jaket penghangat badan hehehe..


Kalau naik speed boat  start dari Dermaga di Kota Tanjung Redeb Berau. Menuju Derawan bisa di tempuh 2-3 jam perjalanan.Sepanjang perjalanan tidak  hanya liat air laut yg tanpa batas. Sepanjang perjalanan bisa liat bagan apung atau rumah rumahan di tengah laut yang fungsinya untuk mennagkap ikan. Di bagan bagan itu kadang ada orang nya kadang gak ada. Yang punya bagan Berkunjung kalau  di kira  sudah banyak ikan yang terjebak dalam jarring atau perangkap. Gak cuman satu atau dua bagan yang kita liat, banyak. Jadi kalau kita naik speed boat kesannya gak menakutkan banget. Gak merasa sendirian di tengah tengah lautan..hehehe banyak tetangga kok. So, jangan mikirin yang macem macem yaa kalau naik speed boat. Dinikmati aja. Kadang bisa kita liat gerombolan ikan terbang mengejar speedboat yg kita tumpangi. Pernah juga ada teman yang liat lumba lumba berloncatan di sekeliling speedboat yg mereka tumpangi. Di jamin gak garing deh perjalanan kalian. Bnayak pemandangan indah selama perjalanan menuju ke Derawan..

Dan bagan bagan apung di tengah laut sekarang jadi objek wisata juga. Tidak jarang ikan hiu paus datang ke bagan mencari makan atau mereka datang karena terpancing umpan nelayan. Bnayak wisatawan yang hanya ingin mengabadikan penampakan hiu paus , bahkan ada juga yang berani berenang bersama hiu paus. Hiu paus ini jenis ikan yang jinak. Gak segarang nama nya , Hiu. Dan biar gede badannya tetep makanan nya adalah ikan, bukan manusia hehehe…
Ini impianku yang belum kesampaian. Berenang bersama hiu paus (whale Shark). Semoga aja ketemu jodoh dengan mereka, 

Moda transportasi terbaru menuju Pulau Derawan adalah pakai pesawat terbang. Walau baru satu pesawat jenis ATR. Maskapai milik Bu mentri Pertanian, Susi Air  mengawali membuka rute penerbangan dari Bandara Kalimarau ke Bandara Maratua. yang terbaru ada pesawat milik bu mentri perikanan, Susi Air yang terbang dua kali dala seminggu dari Bandara Kalimarau – Bandara Maratua. 60 menitan lah jarak tempuhnya.Tapi ya itu, hanya hari Rabu sama sabtu aja jadwal terbangnya. Kalau mau ke Pulau Derawan, Dari maratua harus nyebrang lagi pakai speed boat 30 menitan menuju  Pulau Derawan.


Pulau Derawan sudah keliatan..air nya tenang, jernih .. Kalian bisa melihat kehidupan laut dar atas speedboat lhoo. Kesan pertama langsung jatuh cinta sama ini pulau. 




                                       Udah gak sabar pengin nyemplung...




                Daaannn.. taraaaaa... bertransformasi..siap eksplore pulau yang menawan




 Sesampai di derawan, terserah kalian deh mau ngapain aja bisa n boleeehh. Berenang sepuas nya, snorkeling, diving, semua bisa.. Kalau mau snorkeling dan gak bawa alat nya bisa kok dengan nyewa alat snorkel lengkap. Cukup  50 ribuan kamu bisa main di permukaan air sepuas nya. Setiap penginapan menyediakan alat snorkel. Banyak juga para penyedia sewaan alat snorkel. Ikan ikan cantik sudah menanti.Ada Patrick si Bintang laut, bersama teman teman nya banyak bertebaran di dasar pantai. Hati hati ya banyak  bulu babi  juga. Boleh di ambil tapi jangan sampe tertusuk atau terinjak.


 Capek main air, lanjut keliling pulau pake banana boat.. yeeaayyy..cihuiyyy.
Saya sukaa.. saya sukaaaa…



   Bisa kalian liat kan, pantai nya tenang dan kalem pooll kaann, setenang dan sekalem                                                    muka ku ya hahahaha…


Jangan lewatkan ya naik banana boat nya, murah aja kok.. 250 ribu sekali putaran dan bisa urunan sama teman. Gak lucu kan naik banana boat sendirian hehe garing dan pasti nya kamu kebanting terlempar dari boat.
Boleh juga kamu request sama motoris nya minta “di banting” di akhir perjalanan. Kamu akan menemukan sensasi yang lebih seru lagi. Terlempar dari banana boat. Byuuurrrrr…







Biasa nya jam 11-12 sudah mulai sepi pantai nya. Selain matahari sudah terik, terasa menyengat di kulit. Orang orang mulai balik ke penginapan , mandi dan siap siap makan siang. Makanan di sana yang jelas serba ikan. Masih ada juga sayuran , ayam, tahu tempe. Bisa kalian beli di warung warung sepanjang jalan . Atau pagi2 sudah pesan sama pihak penginapan minta disediakan menu apa dan berapa porsi. So, jangan takut kelaparan hehehe..Boleh juga Tanya Tanya harga perporsi nya berapa supaya gak kaget saat bayar nya hehehe..
Kalau mau nge bolang juga bisa. Bawa beras dari rumah, telur, tempe, magic com mini, ikan nya bakar sendiri pas di Derawan. Ada juga kok yg jualan ikan segar. Tapi memang terbatas dan harus pesan duluan sebelum hasil tangkapan mereka di bawa ke kota. Toko sembako banyak juga di sana. Yang kelupaan bawa baju ganti banyak juga yang jual. Penyewaan kamera air, alat selam dan snorkel,sampai penyewaan sepeda ontel juga ada. ATM juga sudah ada walau bank local Bank Kaltimtara. Kaltimtara sudah masuk jejaring  Bersama dan Prima, jangan takut kehabisan uang cash..
Air tawar Alhamdulillah gak ada masalah, tapi tetap harus hemat ya saat mandi dan cuci nya. Listrik mulai jam 18.00  malam mulai menyala. Pake jenset besar dan semua lampu seluruh pulau nyala. Cantik kalau di liat dari lautan,,
Jam  06.00 pagi di matikan. Maka nya kalau malam selagi kalian tidur jangan lupa HP , batre cadangan nya di charge. Supaya gak menangis pagi pagi gegara HP mati dan gak bisa mengabadikan moment istimewa kalian. Gak mau kan?
Tapi ada juga beberapa penginapan yang siang masih nyala listri nya. Biasa nya mereka mandiri memakai panel surya atau diesel. Tapi ya jangan mengharap voltase nya gede yaa. Cukup untuk meyalakan kipas angina tau AC saat istirahat siang.
Setelah usai ashar, lanjut lagi deh kalian main di pantai.. terserah kalian mau main apa. Di jamin Gak akan mati gaya. Bisa juga nyari spot untuk snorkeling yang ikan nya banyak dan warna warni. Bagi yang belum mahir renaang, snorkeling aman. Kalian akan memakai jaket pelampung jadi jangan khawatir tenggelam. Latihan dulu deh tarik nafas pake alat nya. Bentar aja latihannya, kalian di jamin mahir nafas di air. Anakku 4 tahun aja sudah bisa snorkel, masak  kalian takut. Malu atuh..

Kalau memang bener bener gak berani turun ke air, gak papa kok. Kalian tetap akan terpuaskan dengan hanya melihat lihat di dermaga atau menyusuri jembatan di depan penginapan kalian. Pilihlah penginapan yang  menjorok ke tengah laut. Jadi view kalian banyak. Depan belakang tempat nginap kalian adalah air. Banyak ikan dan pemandangan indah bisa kalian lihat dengan mata telanjang dari teras kamar maupun dari balkon belakang kamar. Gak usah turun ke air. Sakin jernih dan bening nya air di pantai, kalian bisa liat macam macam  kehidupan di dasar laut.Ikan, penyu, ikan ikan warna warni dari teman nya Nemo, Dori sampai anakan Hiu Paus pun berenang mendekati penginapan kalian.


Setelah minum teh hangat , keluar kamar. hehe muka nya masih virgin baru kena air wudhu aja nih. Ternyata sudah ketinggalan sunrise. Efek kecapekan main air seharian. Bisa kalian lihat kan penampakan bangunan kayu yang menjorok ke tengah . Itu adalah deretan penginapan yang ada di Pulau Derawan. 
Brrrr.. dingiiiinnn..menunggu sang mentari naik dulu, baru kita nyemplung..


Kalian bisa terjun bebas kapan aja . Mau lompat dari depan penginapan atau dari balkon belakang kamar kalian, bisaaa…Mau lompat dari atas pagar atau tangga, boleehh.. tinggal nyali kalian aja hehehe..

Penginapan sederhana tapi cantik ini kisaran harga nya 300 - 400 rb dengan fasilitas AC, sarapan pagi plus teh panas, handuk, dan kamar mandi di dalam. Ada juga yang lebih murah atau home stay gitu. Biasa nya harga kisaran 150-250 an. Minimal ada kipas angin di setiaap kamar nya. Kamar mandi di luar tapi bersih kok. Air hangat di siapkan. Mau bikin kopi atau teh di sediakan juga plus gula nya. 
Banyak pilihan di sana. 

Oia, di Pulau Derawan selain main main dengan air dan ikan kalian bisa main main dengan penyu dan tuki. Tukik itu nama anak nya penyu. Kalian bisa ke tempat konservasi penyu . Di situ kalian bisa liat dari telur penyu yang masih tersembunyi di pasir pantai, tukik yang baru menetas, atau kalau ketemu moment yang pas bisa kalian ikut melepaskan tukik ke lautan lepas. Asyik kaann…

               Haiii..kenalin aku si Tukik. Umur ku baru 1 hari lho.. baru keluar dari perut                                               bumi, eh dari timbunan pasir,


Sultan Fatahillah sungguh gagah nan Rupawan
Gagah berani  dan di takuti lawan
Ayo datanglah ke Pulau Derawan
Gak akan rugi dan di jamin sangat mengesankan..

Ayo ke Berau....
Berau Asik...

Komentar

Postingan Populer